Update

Rabu, 18 Januari 2017

BAKUMAN : 6 Manga Keren Karya Ashirogi Mutou

Ohaiyo ghozaimats..
oke langsung aja, Ashirogi Mutou adalah salah dua karakter mangaka fiksi yang diciptakan Obata Takeshi sensei dan Ohba tsugumi sensei dalam manga berjudul Bakuman.

Ashirogi mutou adalah nama pena dari mashiro moritaka dan Takagi, mereka adalah dua pemuda yang saling bekerjasama untuk membuat manga dan impian terbesar mereka adalah agar manga karya mereka bisa menjadi anime. Mashiro moritaka bertugas sebagai orang yang menggambar manga sedangkan Takagi bertugas membuat name (ide cerita), Ashirogi mutou memulai debutnya diusia yang masih sangat muda yaitu 14 tahun, nama Ashirogi Mutou sendiri adalah singkatan dari Azuki ,maSHIRO, takaGI dan Mutou yang berarti mimpi yang menjadi nyata, nama ini mereka peroleh atas saran dari Kaya-chan istri dari Takagi ,untuk lebih lengkapnya silahkan baca tulisan ane yang sebelumnya. Oke langsung aja berikut beberapa manga karya ashirogi mutou dari yang gagal sampai yang berhasil menjadi anime :

1. TWO EARTH

Ini adalah manga debut pertama dari Ashirogi mutou manga inilah yang pertama kali mereka ajukan untuk dijadikan serial manga mingguan di shonen jack ,saat itu mereka baru saja masuk sekolah SMA dan belum menggunakan nama ashirogi mutou ,manga inilah yang mempertemukan mereka denga editor hattori. Shaiko dan shujin membuat one shoot dari Two Earth hanya dalam waktu dua bulan hal itu membuat editor hattori sedikit terkejut karena waktu dua bulan adalah waktu yang sangat cepat bagi mangaka pemula. Two Earth mendapatkan beberapa kritikan dari editor hattori salah satunya adalah gambar mashiro yang masih belum sesuai untuk manga ,hal ini mungkin wajar mengingat ini adalah kali pertama mashiro menggambar manga sungguhan selain itu dari segi cerita hattori mengangap Two Earth terlalu banyak narasi sehingga kurang menarik untuk ukuran sebuah manga dan ia mengatakan two earth lebih cocok menjadi novel daripada manga.
Akhirnya mereka berdua memilih untuk menulis dan menggambar ulang two earth, hanya dalam beberapa minggu mereka sudah menyelesaikan Two Earth versi baru yang lebih baik dan akhirnya berhasil masuk kedalam majalah shonen jump bahkan mereka berhasil mendapatkan penghargaan sebagai pendatang baru terbaik.  Namun Two Earth belum bisa mendapatkan serialisasi karena penilaian dari pembaca yang masih kalah dengan manga lain.

Two Earth sendiri menceritakan tentang adanya dua bumi yang mana salah satu dari bumi itu adalah kloningan dari bumi yang asli , manusia asli membuat kloningan dari bumi beserta kehidupannya sebagai bahan penelitian namun ternyata manusia dibumi kedua lebih cepat berkembang sehingga terjadilah konflik dengan penduduk bumi asli.

2. MONEY AND INTELEGENT

Dimanga inilah pertama kali mashiro dan takagi menggunakan nama pena Ashirogi mutou, setelah gagal membawa Two Earth keposisi teratas mereka membuat cerita baru berjudul money and intelegent   dengan mengusung genre future fiksi ilmiah  mereka membuat manga anti mainstream yang berbeda dengan manga2 shonen lainnya dengan membawakan nuansa dark money and intelegent menceritakan tentang suatu zaman dimasa depan dimana seseorang dapat membeli pengetahuan dengan uang atau menjual pengetahuan yang mereka miliki untuk mendapatkan uang. Dengan mengusung cerita yang anti mainstream manga ini membawa para pembaca untuk berpikir dan mencari hikmah manakah yang lebih penting, uang atau pengetahuan? 
Money and Intelegent berhasil mencuri perhatian dari para pembaca sehingga mampu mendapatkan peringkat pertama dari hasil votting , namun hal itu tidak bertahan lama karena setelah itu si anak jenius Nizuma Eiji menjadi sangat bersemangat untuk mengalahkan Ashirogi Mutou dengan keahlian luar biasanya Nizuma Eiji dengan membawakan manga pertarungan berjudul CROW ia berhasil mengeser posisi Money and Intelegent dari posisi teratas dan akhirnya Money and Intelegent gagal mendapat serialisasi.

3. DETECTIVE TRAP

Setelah kembali gagal dengan money and Intelegent Mashiro dan Takagi menjadi sedikit frustasi apalagi Hattori sensei sang editor kepercayaan mereka tak bisa lagi membimbing mereka karena pihak shonen jump mengantikannya dengan editor baru yang belum terlalu berpengalaman bernama Miura.
Mashiro terus mencoba mengasah kemampuan menggambarnya dan Takagi mencoba mencari ide cerita baru namun pikirannya telah buntu ia tak bisa membuat cerita baru dalam waktu yang lama sehingga membuat mashiro sedikit kecewa hingga akhirnya mereka sempat berpisah namun akhirnya bersatu kembali dengan sebuah ide cerita baru berjudul DETECTIVE TRAP, bercerita tentang seorang detective bertopeng yang menjebak para pelaku kejahatan untuk mengungkap kejahatannya sendiri.
Detective Trap benar-benar menarik minat pembaca dan akhirnya berhasil mendapatkan serialisasi bahkan berhasil menyaingi popularitas dari CROW karya Nizuma Eiji,  namun ternyata takdir berkata lain disaat Detective Trap berhasil head to head dengan Crow, mashiro jatuh sakit,sakit yang parah karena terlalu keras menggambar manga hingga harus dirawat dirumah sakit, meski Mashiro bersi keras untuk melanjutkan menggambar Detective Trap yang sedang dipuncak popularitas namun Kepala Editor shonen jack tidak mengizinkannya ,ia tidak mau Mashiro bernasib sama seperti pamannya (Kawaguci Tarou) yang meninggal dunia karena manga . Akhirnya Detective Trap mendapatkan hiatus (pemberhentiaan) dari Shonen jack, hancur sudah harapan Ashirogi Mutou untuk membawa Detective Trap ke puncak dan mendapatkan serial animasi.
4. RUN DAIHATSU TANTO

Setelah Mashiro kembali dari rumah sakit ia tak bisa lagi melanjutkan Detective Trap , akhirnya mereka mencoba menemukan ide cerita baru ,mereka berhasil membuat beberapa cerita baru namun gagal untuk masuk Shonen Jack. Lalu Miura Editor mereka yang baru mengusulkan pada Ashirogi Mutou untuk membuat gag manga (manga komedi) ,karena melihat hasil survey yang menunjukan bahwa gag manga memiliki kemungkinan untuk bertahan dalam waktu yang lama dimajalah Shonen. Akhirnya dengan sedikit keraguan Ashirogi berhasil membuat gag manga berjudul TANTO bercerita tentang kehidupan seoran anak SD bernama Tanto dan kakeknya yang seorang profesor yang membuat penemuan2 unik dan nyleneh.
Dan ternyata benar apa kata editor Miura, Tanto berhasil masuk majalah Shonen dan selalu masuk urutan 10 besar, namun Ashirogi Mutou tidak terlalu senang membuat Tanto karena gag manga bukanlah cerita yang mereka inginkan, bahkan Nizuma Eiji sang Rival Ashirogi mengatakan bahwa Tanto sama sekali tidak mencermikan jati diri Ashirogi mutou yang sebenarnya. Selain itu sebagai gag manga Tanto tidak mungkin dapat naik keposisi teratas sehingga mustahil untuk dijadikan serial anime. Akhirnya mereka memutuskan untuk membuat cerita baru dan mengakhiri Tanto yang sedang naik daun .

5. PCP (Perfect Crime Party)

Setelah merasa tidak cocok dengan gag manga Ashirogi mutou mencoba membuat manga yang lebih serius, manga anti mainstream yang menjadi ciri khas mereka. Maka lahirlah cerita PCP alias Perfect Crime Party ,bercerita tentang sebuah club khusus bernama PCP yang beranganggotakan 3 anak sekolah dasar yang melakukan trik trik kriminal namun bukanlah aksi kriminal yang sebenarnya. PCP dikemas dalam nuansa sedikit dark dan nuansa ala cerita-cerita detektif, dan ternyata PCP berhasil menarik perhatian para pembaca dari kalangan anak-anak sampai dewasa. Ashirogi Mutou berhasil kembali bersaing head to head dengan sang rival abadi Nizuma Eiji yang masih dengan serial Crow.nya yang sudah mendapatkan serialisasi anime tv.  PCP benar-benar diminati para pembaca terutama oleh anak-anak banyak anak-anak yang menirukan gaya para tokoh PCP , hingga akhirnya sesuatu yang tak terduga terjadi suatu hari muncul berita di tv tentang kasus pembobolan bank yang modusnya sama persis seperti yang ada dalam PCP. Walaupun pembobol bank tidak mencuri uang dan hanya meninggalkan sebuah pesan, Hal itu membuat Takagi selaku penulis cerita PCP menjadi syok berat ia merasa bersalah karena banyak orang yang menirukan trik trik kriminal dari PCP apalagi saat itu ia sudah berkeluarga sehingga menjadi beban moral tersendiri bagi Takagi.
Setelah kejadian itu Takagi tak bisa berfikir jernih cerita yang ia tulis menjadi menurun kwalitasnya tidak seperti PCP yang biasanya, namun akhirnya Mashiro berhasil kembali meyakinkan Takagi untuk menulis seperti biasanya. Pada akhirnya PCP berhasil mendapat serialisasi dalam bentuk drama VCD hal ini tentu membuat Ashirogi Mutou kurang puas karena sejak awal impian mereka adalah ingin manga karya mereka menjadi serial anime tv ,namun hal tersebut tidak bisa dilakukan pada PCP karena mengingat kasus sebelumnya tidak mungkin untuk menayangkan anime PCP menjadi kosumsi bebas semua kalangan.

Walaupun bisa dikatakan Ashirogi mutou telah sukses dengan PCP tapi mereka tetap tidak puas karena impian mereka yang sebenarnya masih belum tercapai yaitu mempunyai serial anime sendiri. Akhirnya mereka memutuskan untuk kembali membuat cerita baru  sekaligus tetap melanjutkan serial PCP.

6. REVERSI

Reversi adalah cerita baru yang dibuat Ashirogi mutou dengan tetap mempertahankan gaya cerita mereka yang gelap dan antimainstream. Reversi bercerita tentang iblis hitam bernama Schwarz dan iblis putih bernama Weizz yang turun kebumi untuk membuat kontrak dengan manusia, manusia yang melakukan kontrak akan memiliki kekuatan untuk menyebarkan ideologi yang ia miliki kepada orang-orang disekitarnya, selain membawa cerita antimainstream Reversi juga memasukkan unsur pertarungan ala manga shonen,menceritakan pertarungan antara pemilik kekuatan Scrwarz dan Weiss. Mengerjakan Reversi bukanlah hal mudah karena mereka juga masih mengerjakan serial PCP, apalagi Nizuma Eiji juga tak mau kalah ia mengakhiri serial Crow dan membuat manga yang lebih hebat berjudul Zombie Gun. Moritaka harus mati-matian mengorbankan seluruh waktunya untuk menggambar Reversi dan PCP sekaligus, sedangkan Takagi harus memeras isi pikirannya untuk membuat PCP tetap menarik sekaligus membuat cerita Reversi.

Akhirnya perjuangan mereka tidak sia-sia Reversi berhasil mendapatkan serialisasi manga dan akhirnya PCP dialihkan dari Shonen weekly (mingguan) ke shonen monthly (bulanan) sehingga Ashirogi bisa lebih fokus mengerjakan Reversi. Setelah pertarungan head to head dengan serialisasi Zombie Gun milik Nizuma Eiji untuk menjadi yang terbaik ,akhirnya Ashirogi Mutou menjadi pemenangnya dan impian mereka 10 tahun yang lalu terwujud yaitu mendapatkan serialisasi anime dan Azuki miho akan menjadi pengisi suara karakter wanitanya. Namun masalah kembali hadir ada banyak gosip dan isu buruk tentang hubungan moritaka dan Azuki, namun pada akhirnya mereka berhasil mengatasi masalah tersebut dan akhirnya Reversi benar-benar menjadi serial anime.
yap demikian lah beberap ulasan tentang beberapa manga karya Ashirogi mutou,manakah yang menjadi favoritmu??
salam jomblo ganteng 😎
image: Google

Bantu Mbloogers Membagikan Artikel Ini Yaa

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - 2017 Mbloogers.com - Untuk Generasi Muda Indonesia. Designed by OddThemes | About | Contact and Advertising | Privacy Policy | Sitemap | DMCA.com Protection Status | ID Corners