Update

Rabu, 07 Desember 2016

Pray For Aceh | Gempa 6,4 SR Mengguncang Pidie Jaya Aceh

Berita menyedihkan datang dari saudara-saudara kita di Aceh tepatnya di Pidie Jaya, Masyarakat berbondong-bondong menyelamatkan diri setelah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, diguncang gempa bumi 6,4 Skala Richter (SR). Sejumlah bangunan dilaporkan rusak bahkan roboh.

Gempa bumi 6,4 SR ini terjadi pada Rabu 6 Desember 2016 sekitar pukul 05.03 WIB. Alhamdulillah Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Gambaran kepanikan warga dilaporkan seperti ini, Setelah diguncang gempa bumi, masyarakat berhamburan ke luar rumah dan bangunan. Masyarakat berusaha untuk menyelamatkan diri ke lokasi-lokasi yang aman dan menuju perbukitan.

Masyarakat tampak memadati jalanan di Pidie Jaya. Ada warga yang berjalan kaki, ada juga yang mengendarai motor dan mobil. Suara klakson kendaraan bersautan memecah keheningan pagi hari.
 
foto: twitter/@Sutopo_BNPB
Sementara itu, sejumlah rumah rusak parah. Tembok-tembok bagunan rumah retak bahkan ada yang roboh. Demikian juga sejumlah fasilitas umum dan sekolah rusak parah. Salah satunya, Sekolah Tinggi Agama Islam Aziziyah, Jamalanga, Kabupaten Bireuen, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Tembok bercat kuning pada bagunan ini retak-retak.  
Tidak hanya itu, masjid-masjid juga mengalami kerusakan. Ada masjid berlantai dua yang mengalami rusak parah. Sebagian bangunannya roboh.

Namun yang membuat luar biasa, Meski demikian keadaanya, warga tetap khusyuk menunaikan ibadah salat Subuh di masjid. Bahkan, ada puing-puing bagunan yang roboh masih berserakan di lantai masjid.

Gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa ini mirip dengan gempa yang terjadi di Yogyakarta tahun 2006 silam, jadi teringet dahulu saat gempa Jogja, dimana suasana sangat mencekam, apalagi setelah itu ada isu Tsunami. Penyebab gempa Yogyakarta saat itu adalah karena aktivitas sesar atau patahan aktif. Penyebab gempa itu juga mirip dengan yang terjadi di Aceh saat ini.  

mari kita sama-sama mendoakan semoga Masyarakat disana diberi kekuatan dan segera dipulihkan kembali.

sumber : deticom

Bantu Mbloogers Membagikan Artikel Ini Yaa

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - 2017 Mbloogers.com - Untuk Generasi Muda Indonesia. Designed by OddThemes | About | Contact and Advertising | Privacy Policy | Sitemap | DMCA.com Protection Status | ID Corners