Update

Senin, 05 September 2016

Positif Negatif Menjadi Seorang Gamer

Positif Negatif Menjadi Seorang Gamer
image source : www.briozone.com

Dampak positif dan negatif bermain game


Siapa sih yang gak suka main game? Hampir semua orang suka main game baik itu game didunia nyata maupun game digital ,game digital sendiri banyak jenis dan medianya, ada game balap,olahraga,strategi,horor,RPG,OSP,adventure de el el, medianya pun juga banyak ada nintendo, playstation, X box , PC  smartphone dan yang lagi gencar dikembangkan saat ini adalah game dengan konsep Virtual Reality dengan alat seperti hololens de es be. Game sendiri ada yang berbayar dan ada juga yang gratis, ada yang dimainkan scara online ada juga yang offline.


Kali ini ane mau bahas plus minus alias dampak positif dan negatif dari main game, seperti yang kita ketahui segala sesuatu yang kita lakukan pasti ada dampak positif dan negatifnya. Oke langsung saja berikut plus minus main game menurut ane, cekidot .

Positif Negatif Menjadi Seorang Gamer
image source : greymeter.com

 

 

Positif :


1. Mengasah kemampuan otak


Mungkin banyak orang tua bilang main game itu bikin orang jadi bodoh, namun nyatanya pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Main game juga bisa mengasah kemampuan otak khususnya game-game strategi dan problem solve, seperti game strategi perang atau game klasik seperti sudoku dll. Selain mengasah kemampuan otak untuk problem solving main game juga bisa melatih reflek, bahkan menurut penelitian main game  lebih baik daripada nonton film karena otak lebih aktif saat main game daripada saat nonton film.

2. Melatih kemampuan bahasa Inggris


Lagi-lagi teori main game bikin bodoh terpatahkan, banyak game  yang mengunakan pengantar dan penjelasan dalam bahasa Inggris karena seperti yang kita tau bahasa inggris adalah bahasa universal. Banyak gamers yang mau tidak mau harus membaca pengantar, cara bermain ,penjelasan misi atau obrolan dalam game yang umumnya menggunakan bahasa inggris . Mungkin awalnya para gamers cuma mengira-ngira apa arti dari penjelasan yang ada dalam game dengan cara menghubung-hubungkan beberapa kata yang sudah mereka mengerti sebelumnya, namun lama kelamaan  gamers akan terbiasa dengan bahasa inggris walaupun tidak ada penjelasan tentang grammar dan hukum bahasa , tetap saja tidak menutup kemungkinan lama-kelamaan secara tidak sadar para gamers bisa menjadi ekspert berbahasa inggris.

3. Bikin melek teknologi


Yup game dan teknologi adalah dua hal yang saling berkaitan, game memerlukan media agar bisa dimainkan, salah satu contohnya adalah game untuk PC ,game PC memerlukan syarat-syarat tertentu untuk bisa diinstall misalnya butuh berapa GB free storage, berapa RAM yang dibutuhkan, Prosessor jenis apa yang cocok atau butuh tool atau software apa untuk mendukung permainan game serta perangat apa saja yang dibutuhkan sehingga secara tidak langsung para gamers akan paham bagaimana cara kerja teknologi.

Positif Negatif Menjadi Seorang Gamer
image source : www.buzzfeed.com

4. Bikin Sehat


Ini khusus game yang memerlukan aktivitas fisik, kaya Mukidi ehh Pokemon Go yang lagi booming saat ini ,atau game VR yang butuh pergerakan fisik untuk memainkannya.

5. Main game bikin kaya


Yang ini mungkin dianggap agak aneh namun kenyataannya memang demikian seseorang bisa kaya dari game. Banyak gamers professional yang bisa mendapat jutaan dolar atau mendapat hadiah perangat PC atau konsol game seharga jutaan rupiah dari mengikuti turnamen game salah satu contohnya adalah game dota, banyak pula yang menjadi endors perangkat PC atau konsol game seperti salah satu gamer pro wanita asal indonesia Nixia, banyak pula youtuber dan bloger yang mendapat penghasilan dari hasil me-review game dan tutorial yang mereka unggah dichanel mereka.
 
Positif Negatif Menjadi Seorang Gamer
image source : www.directbikesuk.co.uk

Negatif :


1. Lupa waktu


Main game memang sangat menyenangkan sehingga banyak orang yang terlena sehingga menyia-nyiakan waktu yang berharga dan melalaikan kewajiban, seperti kewajiban belajar, ibadah ,bekerja, membatu ortu dll.

2. Bikin bodoh


Selain bikin pintar game juga bisa bikin bodoh, karena terlalu asik main game banyak pelajar atau mahasiswa yang males belajar atau disekolah kerjaannya cuma tidur aja karena semaleman begadang main game sehingga prestasi disekolah jadi jeblok .

3. Kesehatan dan produktifitas menurun


Tak sedikit orang yang terlalu asik main game sehingga lupa makan dan begadang semalaman hingga mata memerah dan kantung mata menghitam kaya habis ditonjok preman padahal besok pagi masih harus sekolah atau kerja, efeknya produktifitas dan prestasi menurun. Selain itu bermain game juga bisa memberikan masalah bagi kesehatan tubuh, terlalu asik main game berjam-jam cuma duduk tanpa pergerakan yang berarti bisa menimbulkan masalah bagi tubuh kita, selain itu terus-terusan terpaku melihat pada monitor juga bisa menyebabkan mata rusak.

4. Pemborosan dan bikin miskin


Tak semua game bisa didapatkan dengan gratis ada game yang harus dibeli dengan harga ratusan bahkan jutaan rupiah belum lagi harga konsol game dan perangkat PC atau perangkat pendukung khusus game lainnya yang tak bisa dibilang murah. Banyak juga yang menghabiskan banyak uang untuk main game online berjam-jam diwarnet tiap hari ujung-ujungnya bikin kantong jebol dan pengeluaran membengkak,padahal kalau dimanfaatkan untuk hal lain mungkin bisa lebih bermanfaat, bahkan ane pernah denger berita ada orang yang jual ginjal demi bisa beli konsol game, ngerii wrohh..

5. Menjadi Antisosial dan Psikopat


Karena terlalu asik dengan dunia gamenya bisa menyebabkan seseorang kehilangan interaksi sosialnya, akibatnya ia merasa aneh ketika berhadapan dengan dunia yang sebenarnya akibatnya ia jadi males bersosialisasi dengan lingkungan dan memilih terus bermain game. Lalu kenapa bisa jadi psikopat? Orang yang tidak punya interaksi sosial terbiasa hidup mengurung diri lama-lama bisa kehilangan sisi kemanusiaannya, tidak ada lagi rasa peduli dan kehilangan empati pada sekelilingnya dan ujung-ujungnya bisa jadi psikopat, kan ngerii bree..

Positif Negatif Menjadi Seorang Gamer
image source : blog.qassim.uk

6. Bikin stress


Main game juga bisa bikin stress biasanya terjadi karena pemain tidak bisa menyelesaikan permainan yang terlalu sulit atau kalau tidak saat sedang asyik main game dan sudah hampir menang tiba-tiba listrik padam..wkwk

Pernahkah kamu liat temenmu pas lagi main game tiba-tiba marah-marah keluar penghuni kebun binatang dari mulutnya lalu mbanting controler yang ia pegang lalu diinjak sampe ancur padahal itu  controler rentalan :-D.  Atau temenmu yang satu lagi main game di PC  tiba-tiba ia ngambil keyboard lalu dipukulkan ke monitor, lalu monitornya dibanting lalu diinjek-injek, CPU nya diancurin pake palu lalu mousenya dimakan, lalu ia kekamar ngambil pistol lalu ia nembaki orang seisi rumah lalu rumahnya dibakar, lalu ia nembaki orang lagi satu kampung, lalu ia mau bunuh diri pake peluru terakhir tapi ternyata pelurunya udah abis, ia memutuskan bunuh diri dengan cara nyebur keempang tetangga tapi ternyata gak mati karena kedalemnya cuma semata kaki, ia mau gantung diri tapi takut talinya putus gak kuat nahan beban kejonesannya, akhirnya ia memutuskan untuk beli peluru saja untuk bunuh diri tapi ditengah perjalanan ia merasa lapar dan memilih berhenti disebuah warung makan dipinggir jalan ia memesan makanan dan secangkir kopi ,setelah pesananya datang ia menyeruput kopi pesanannya dan langsung kejang-kejang dan wafat ditempat . Ternyata sang pemilik warung memberi sianida pada kopi pesananya ,sang pemilik warung dendam padanya karena utangnya diwarung itu banyak dan belum dilunasi, sungguh kematian yang tragis ..wkwk

6. Menyebabkan kematian


Ini beneran mblo, beberapa kali ane pernah denger dari media ada banyak kasus kematian diwarnet gara-gara main game, kebanyakan karena serangan jantung saat main game atau kelelahan karena berhari-hari main game tanpa istirahat. Ada juga ABG labil yang mati bunuh diri gara-gara gak bisa menyelesaikan permainan, kalau udah gitukan jadi mati sia-sia alias mati konyol.

Kesimpulan :

Kesimpulannya adalah segala sesuatu yang tidak melangar hukum, norma dan aturan agama adalah boleh-boleh saja ,asal JANGAN BERLEBIHAN karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik termasuk main game. Jadi mari  kita manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk berkarya, berprestasi dan melakukan hal-hal yang berguna bagi diri, keluarga, tetangga, masyrakat, agama, bangsa ,negara  dan seluruh alam semesta .. Salam jomblo ganteng 😎

Jangan Lupa Komen, Like, dan Share ke seluruh Jomblo di muka bumi eh, keseluruh gamer atapun rekan-rekan kalian yeahhh

Bantu Mbloogers Membagikan Artikel Ini Yaa

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - 2017 Mbloogers.com - Untuk Generasi Muda Indonesia. Designed by OddThemes | About | Contact and Advertising | Privacy Policy | Sitemap | DMCA.com Protection Status | ID Corners