Update

Rabu, 11 Mei 2016

Tentang Sadiq Khan | 5 Fakta Mengagumkan Sadiq Khan Walikota Muslim Pertama di London

image source : independent.co.uk
Hasil akhir pemungutan suara pada Kamis (5/5) dari Pertarungan Antara dua kandidat kuat wali kota London yang diikuti oleh Zac Goldsmith dan Sadiq Khan, menunjukkan bahwa Shadiq Khan maju sebagai pemenang dalam pemilihan wali kota tersebut. 

Terpilihnya Shadiq Khan sebagai pemimpin kota London telah menjadi sejarah baru dalam kepemerintahan di sana, bagaimana enggak mbloo dia adalah wali kota muslim pertama yang terpilih. Shadiq Khan yang mewakili Partai Buruh mendapat 44,2 persen, yakni 994,614 suara. Sementara Zac Goldsmith dari Partai Konsevatif meraih 35 persen, yakni 310,143 suara.

"Aku tidak pernah membayangkan orang sepertiku bisa terpilih sebagai Wali Kota London," kata Khan dalam pidato kemenangannya yang ditayangkan BBC pada Sabtu (7/5). Menurutnya, ia sangat bangga menjadi wali kota London. "Aku sangat bangga warga London memilih harapan daripada ketakutan. Ketakutan dalam politik tidak diterima di kota kami," tambahnya.

Dan berikut ini mbloo 5 Fakta dari Sadiq Khan dan berikut 5 hal tentang Sadiq khan check it out :


1. Slogan Kampanye Harapan melawan rasa takut
Melalui kampanye #YesWeKhan (plesetan dari yes we can—ya, kita bisa—slogan kampanye Presiden AS Barack Obama), Khan berhasil mengalahkan kandidat Partai Konservatif Zac Goldsmith dengan memperoleh sebanyak 1.148.716 suara.
Kemenangan tersebut dianggap sebagai kemenangan harapan melawan rasa takut (hope vs fear), menyusul kampanye Goldsmith yang seringkali menghubungkan Khan dengan kelompok ekstrimis karena latar belakang agamanya.
Setelah lulus sebagai sarjana hukum, Khan bekerja sebagai pengacara yang kerap membela korban kasus pelanggaran HAM serta diskriminasi rasial.

2. Anak dari pasangan sopir bus dan penjahit
Ini adalah salah satu fakta yang benar-benar menginspirasi mbloo, Kota London memiliki arti penting bagi Sadiq Khan. London memberinya kesempatan untuk berkembang sangat besar dari sebelumnya.
Kakek dan neneknya berimigrasi dari India ke Pakistan, lalu orangtuanya hijrah dari Pakistan ke London. Khan lahir St. George Hospital di Tooting, London, 8 Oktober 1970, sebagai anak kelima dari delapan bersaudara.
Ayahnya, yang bernama Amanullah, bekerja sebagai sopir bus selama dua tahun. Sementara ibunya, Sehrun, bekerja sebagai penjahit untuk menghidupi Khan serta tujuh orang saudaranya.
Saat ini Khan telah memiliki dua orang putri bernama Anisah dan Ammarah, buah pernikahannya dengan Saadiyah Ahmed yang juga seorang pengacara.

3. Menyetujui pernikahan sejenis
Ini sebenarnya fakta yang kurang ane sukai, Pemenang Politician of The Year dalam ajang penghargaan British Muslim Awards 2016 tersebut mengaku sempat dikirimi ancaman pembunuhan setelah memberikan persetujuan terhadap Undang-undang pernikahan sesama jenis pada tahun 2013.
Berbagai sumber tabloid lokal juga melaporkan bahwa imam masjid di Kota Bradford, Inggris, sempat memberikan fatwa agar ia menyatakan diri telah keluar dari agama Islam.
Akibat ancaman tersebut, pihak kepolisian pun sempat meminta Khan untuk melaporkan keamanannya dalam jangka waktu tertentu. kalau emang ini benar sorri lah Pak Khan, ane gak suka sama kamu dalam hal ini. titik!

4. Menolak boikot atas Israel
Setelah sebelumnya sempat dikabarkan menyetujui pemboikotan terhadap perusahaan Israel, Sodastream, demi perdamaian, Khan merevisi pernyataannya tersebut.
Menurut Khan, boikot yang diberikan terhadap Israel tidak akan menyelesaikan masalah dan menciptakan perdamaian, namun justru hanya akan menyusahkan para buruh yang bekerja di perusahaan Sodastream International.
Lebih lanjut ia juga menyatakan akan melindungi hak seluruh warga London, termasuk para warga Yahudi. hmmmm kepriben kamu ini pak? berarti emang semuanya ditujukan untuk kepentingan politik. i don't know lah.

5. Penggemar The Reds
Seperti halnya warga Inggris lainnya, Sadiq Khan juga merupakan penggemar berat olahraga.
Uniknya, pria berusia 45 tahun tersebut tidak membela klub asal London, melainkan merupakan penggemar berat klub sepak bola Liverpool.
Pengalaman pertama saya menonton sepakbola adalah saat menonton Chelsea di Stamford Bridge bersama dua kakak saya dan mendapatkan kekerasan diskriminatif di sana,” ujar Khan menjelaskan mengapa ia memilih The Merseyside daripada klub London.
Selain sepakbola, Khan juga merupakan penggemar klub kriket Surrey Country dan sering berlatih olahraga tinju dengan saudaranya

Diluar semua fakta kontroversinya, ane pribadi senang sih, ada calon Muslim yang jadi walikota, semoga menginspirasidi negara-negara lain. ambil baiknya, doakan saja semoga bisa menjadi lurus! Alhamdulillah

sumber : liputan6 dan Rappler
 

Bantu Mbloogers Membagikan Artikel Ini Yaa

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - 2017 Mbloogers.com - Untuk Generasi Muda Indonesia. Designed by OddThemes | About | Contact and Advertising | Privacy Policy | Sitemap | DMCA.com Protection Status | ID Corners