Update

Rabu, 11 Mei 2016

Kebun Binatang Bandung Tidak Punya Dokter Hewan

sumber : news.detik.com
Terkuaknya Yani seekor Gajah Sumatera berusia 37 tahun yang sedang sekarat di Kebun Binatang Bandung memberikan fakta bahwa kebun binatang yang berlokasi di Jalan Tamansari itu tidak memiliki dokter hewan.

Humas Yayasan Margasatwa selaku pengelola Kebun Binatang, Sudaryo mengakui sejak satu tahun lalu, sudah tidak ada dokter hewan di Kebun Binatang.

"Dalam kondisi seperti ini memang kami akui bahwa sudah hampir satu tahun dokter tetap (di Kebun Binatang Bandung) mengundurkan diri. Kami tidak bisa memaksa atau menahan mereka karena itu hak mereka," ujar Sudaryo, saat ditemui di Kebun Binatang Bandung Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu (11/5/2016). (detik.com)

Karena kebun binatang tersebut tidak memiliki dokter hewan, seekor gajah Sumatera bernama Yani, terpaksa tergeletak tidak berdaya. Tubuhnya pasrah saja diikat dan tergolek lemah di atas jerami yang hanya ditutup tenda terpal. haduh sangat mengharukan dan kasihan.

"Kami bukan tidak berusaha mencari dokter. Kami berupaya. Tapi kan ini bukan dokter hewan biasa. Ini satwa liar, harus khusus. Tidak gampang mencari dokter spesialis," jelasnya

Saat ini, kata Sudaryo, pihaknya hanya melakukan konseling kepada ahli gajah di Lampung.

"Yang pasti kami tidak diam walaupun tidak ada dokter tetap, kami selalu kontak dengan dokter on call, bahkan ahli gajah dari Lampung kita komunikasi terus. Petunjuk-petunjuk yang diarahkan sudah kita laksanakan. Kemarin kita pasang infus," kata sudaryo

Tidak adanya dokter hewan juga menyebabkan penyakit yang menyerang Yani belum diketahui. Sudaryo juga tidak bisa menjamin gajah betina itu masih bisa hidup.

"Saya tidak memperdiksi urusan mati dan hidup, tapi saya pengelola tetap berbuat. Saya meminta jangan terlalu dibesarkan, satwa sakit dimana-mana juga ada, cuma memang seperti ini kondisi kami. Yang jelas ini tidak seperti kebun binatang yang pengurusnya bermasalah," tambanhya.

Hmm semoga si Gajah bisa segera di tangani, kalaupun terlambat semoga bisa menjadi pelajaran bahwa hewan juga butuh perhatian, gak cuman kamu ajah mbloo. Semoga segera membaik yak Yani.

sumber : detik

Bantu Mbloogers Membagikan Artikel Ini Yaa

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - 2017 Mbloogers.com - Untuk Generasi Muda Indonesia. Designed by OddThemes | About | Contact and Advertising | Privacy Policy | Sitemap | DMCA.com Protection Status | ID Corners