Update

Minggu, 13 Maret 2016

Sirkus Lumba Lumba Keliling, Edukasi atau Eksploitasi?


“YANG DIKECAM DUNIA JUSTRU HIBURAN DI INDONESIA”


Hai hai hai sobat mbloogers...berpikir soal sirkus pasti kalian berpikir soal hiburan yg menyenangkan, apalagi ditambah dengan adanya hewan cerdas yg satu itu...yup lumba lumba.. klian pasti akan sangat merasa terhibur dan banyak memberikan tepuk tangan untuk atraksi2 sang lumba.




Pernahkah kalian mendengar tentang Sirkus Lumba2 keliling? Yup sebenarnya saya sendiri tak pernah terfikirkan untuk membahas tentang ini.. berawal dari kesuntukan saya disore hari kelilinglah saya di skitaran bumi serpong damai dan terpampang banyak spanduk tentang sirkus lumba2 yg diadakan di TAMAN KOTA 2 BSD,TANGERANG SELATAN...awalnya saya pikir “wah harus nonton nih secara lumba2 adalah hewan kesukaan saya..” tp munculah beberapa pertanyaan yg membuat saya penasaran..”pertunjukanya gimana ya? Pake apa ya? Trus kok bisa ya kan jauh dari laut dan ini ternyata ini keliling ke antar kota...saya pun ga kebayang yg bawa keliling gimana? Karna menurut film dokumenter yg pernah saya lihat “dolphintale” kulit lumba2 itu mudah kering dan sangat rawan terhadap sinar matahari apalagi panas...Mulailah saya mencari info dari berbagai sumber...dan ternyata benar .
Harga tiket VIP:Rp.60.000, Umum:Rp.40.000, Foto Bersama Lumba Lumba:Rp.40.000

1.“INDONESIA ADALAH NEGARA TERAKHIR YG MASIH MENGIZINKAN ADANYA SIRKUS LUMBA2 KELILING” banyak lumba2 yg mati akibat stress, Keracunan air laut buatan (klorin) hingga perawatan yg kurang baik , ini dilarang  dunia loh!!!! (sumber:Laporan Jakarta globe, februari 2013)
Terlihat Luka Pada kulit Lumba Lumba (dokumentasi mbloogers)
Sekilas terlihat foto kluarga yang bahagia(dokumentasi mbloogers)
 2. EDUKASI? Benarkah hal ini edukasi atau hanya hiburan semata? Banyak dari pengelola yg berteduh dipayung ini,dengan alasan edukasi dan konservasi..in fact kita hanya disuguhkan bagai mana usaha sang lumba2 agar memperoleh makan oleh sang pawang...konservasi? apakah mungkin lumba2 yg sho sehari 4 kali selama 30hari dan itu setiap hari..sebelum mereka berpindah kekota lain...i dont think so.


Kita Hanya Disuguhkan Atraksi Bukan Edukasi (dokumentasi mbloogers)
3.LUMBA LUMBA ADALAH HEWAN AKTIF BERKOLONI. Dengan hal ini kita meerenggut kebebasan mEreka dengan mengurungnya dalam kolam yg sempit , Bayangkan kita diculik dan dipake buat cari duit gaes, dan lagi air yg digunakan dari mana? Alih alih mreka menggunakan air tawar yg dicampur garam dan klorin, yg dapat menyebabkan kebutaan bagi sang lumba2 (sumber : www.Hipwee.com)
Kolam yang kecil (dokumentasi mbloogers)

Panggung Pertujukan (dokumentasi mbloogers)
4.LUMBA LUMBA TAK PERNAH BANGGA, yup saat kita menyorakinya memberikanya tepuk tangan sesungguhnya adalah hal yg mengganggu bagi sang lumba lumba..hal tersebut dapat mengakibatkan kebingungan resonansi pada pendengaran lumba2 yg dapat berujung kematian,
(referensi : www.wwf.org.id menyelamatkan paus dan lumba lumba dai kebisingan dilaut)

5.LUMBA LUMBA DIPAKSA DIET. Lumba2 dibiarkan sampai meraka kelaparan sehingga lumba2 mau melakukan apa saja untuk mendapatkan makanan dari sang pawang dengan melakukan berbagai macam atraksi.(sumber : www.merdeka.com bikin miris,ini kekejaman terhadap lumba lumba disirkus keliling)

Apakah Lumba Lumba yg normal selalu memejamkan matanya? Saya Kurang Tau soal ini.

Yup itulah data dan sebagian sumber yg mbloogers dapatkan setalah mencari informasi tentang sirkus keliling ini. Sudah banyak bloger master yg membahas ini bahkan tv nasional juga..mbloogers hanya kembali mengingatkan.
Bagaimana menurut kalian, masih menganggap hal tersebut hiburan yg menyenangkan setelah tau kesengsaraan sang lumba2?  Semoga pemerintah lebih bertindak akan hal ini,lebih memperhatikan karna menurut sumber hanya indonesialah yang masih mengizinkan sirkus lumba lumba keliling.
C’mon goverment, Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia,BKSDA? hewan langka loh ini..apa mau indonesia nantinya disalahkan atas kepunahan lumba2?

Trimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat, dont forget give us tumbs up on facebook fanspage and share this post...Ssalam jomblo berkarya.

Bantu Mbloogers Membagikan Artikel Ini Yaa

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - 2017 Mbloogers.com - Untuk Generasi Muda Indonesia. Designed by OddThemes | About | Contact and Advertising | Privacy Policy | Sitemap | DMCA.com Protection Status | ID Corners