Update

Senin, 08 Februari 2016

Gerhana Matahari Total 9 Maret Nanti, Yogyakarta Tertutup 83 Persen

Yogyakarta Dapat Jatah Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Kira-kira 33 hari lagi ni mbloo tepatnya 9 Maret 2016 masyarakat Indonesia termasuk yang ada di Yogyakarta akan mendapatkan peristiwa astronomi yang sangat langka yaitu gerhana matahari total.
Kabar Baiknya BMKG Yogyakarta menginformasikan bahwa gerhana matahari total tersebut dapat dilihat dari Yogyakarta dan sekitarnya dengan matahari tertutup sampai 83 persen. wohohoho, gak perlu jauh-jauh ke luar pulau kan jadinya?

Gerhana Matahari Total indonesia yogyakarta palembang 2016 detik detik foto dan video
image source : timeanddate.com
“Ini peristiwa langka kita beruntung di Indonesia dapat menyaksikan gerhana total ini. Di Jogja tidak total dan tidak seluruhnya tertutup kita beruntung sebagian sekitar 83 dari lingkaran matahari saat puncaknya akan terutup bulan,” Ucap Tony Kepala BMKG yogyakarta.

Pak Tony mengingatkan akan luar biasa sayang kalau peristiwa sekeren ini dilewatkan begitu saja. Soalnya banyak warga dari luar negeri datang ke Indonesia hanya untuk menyaksikan peristiwa langka ini hlo mbloo.
Gerhana matahari pertama yang hadir di abad 21 ini nantinya akan melewati beberapa kota besar di Indonesia mulai dari Palembang, Palangkaraya Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah lalu menuju Ternate dan kemudian mengarah ke Samudera Pasifik.

“Hampir semua wilayah di Indonesia bisa melihat tapi tidak total kecuali kota-kota yang dilewati lintasannya tersebut,” tambah Tony.
Walaupun peristiwa langka bisa disaksikan tapi inget mbloo dan harus hati - hati karena ada potensi bahaya apabila warga melihatnya dengan mata telanjang tanpa alat maupun filter.

“Matahari sangat kuat pancaran cahayanya, cukup berbahaya kalau dilihat dengan mata telanjang. Apalagi saat gerhana ada perubahan cukup cepat dari sangat terang ke gelap dan mata kita menurut para ahli ada bagian yang tidak terlalu peka dengan kondisi tersebut. Mungkin tidak terasa sakit tapi ada cahaya yang masuk,” jelas Tony.

Melihat gerhana dengan film rotgen dan bayangan di air pada ember atau media lain tidak disarankan karena cahaya matahari tetap terpantulkan ke mata mbloo, cara yang pernah ane share jangan coba-coba, karena dulu ane nyobanya cuman pas gerhana matahari cincin.

Gerhana matahari total terakhir mampir ke Indonesia pada tahun 1988.
Menurut Tony siklus gerhana matahari total memang tidak pasti, sehingga ketika ada peristiwa ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat baik itu pembelajaran bagi anak-anak dan remaja hingga dimanfaatkan untuk wisata karena peristiwa ini juga menarik perhatian bagi wisatawan luar negeri.
“Nanti rencananya akan kita dorong dengan dinas pariwisata untuk mengkampanyekan peristiwa ini, walaupun puncaknya hanya sekitar 3 menit tapi ini luar biasa sekali,” kata Tony
(dikutip dari tribun)

Bantu Mbloogers Membagikan Artikel Ini Yaa

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - 2017 Mbloogers.com - Untuk Generasi Muda Indonesia. Designed by OddThemes | About | Contact and Advertising | Privacy Policy | Sitemap | DMCA.com Protection Status | ID Corners