Update

Jumat, 11 Desember 2015

Peristiwa Keren Langit di Bulan Desember

naah kali ini ane mau berbagi kabar keren buat anak muda pecinta astronomi kayak ane! pokoknya fenomena-fenomena yang ada dilangit pasti keren-keren banget! memandang langit di malam hari emang suatu kegiatan yang anti maisntream banget! apalagi buat jomblo - jomblo daripada malam minggu cuman buat meratapi nasib mending nih ikutin jadwal peristiwa astronomi di bulan desember.

ane nyari sumber dari kafeastronomi oke angsung check it out aje dah :

Konjungsi Bulan Mars
Pada 6 Desember 2015 nanti, langit pagi dini hari ente akan menemukan Bulan berdampingan mesra dengan bintang terang berwarna merah. Bintang terang tersebut aslinya sih bukan bintan beneran tapi planet yaitu planet Mars. Peristiwa ini disebut konjungsi Bulan Mars. Peristiwa konjungsi Bulan dan planet Mars dapat disaksikan mulai pukul 01.30 WIB dengan jarak antara keduanya sejauh 2 derajat 17 menit. yang paling keren Konjungsi Bulan – Mars dapat kamu amati dengan menggunakan mata telanjang. asal kamunya jangan ikut telanjang!
Hujan Meteor desember 2015
ilustrasi : gambar dari google


Dance of the planet
Dance of the planet bukan berarti planetnya akan dasan berdisko dilangit akan tetapi tampaknya planet-planet dalam satu waktu yang akan menghiasi awal bulan Desember. Pada tanggal 7 Desember 2015 planet-planet yang terbit di pagi bulan Desember seperti Jupiter, Venus dan Mars akan ditemani dengan Bulan yang sedang berada pada fase sabit tua. dan Pada pagi 7 Desember pukul 03.00 WIB, Bulan akan tampak ditengah-tengah antara planet Venus dan planet Mars. Selain itu jarak antara Bulan dan bintang Arcturus juga tampak berdekatan saat itu. Peristiwa ini dapat anda saksikan mulai pukul 03.00 WIB pada tanggal 7 Desember 2015

Galaksi Andromeda
Sepanjang bulan Desember ini, galaksi Andromeda akan tampak di belahan langit utara dan terbit semenjak Matahari terbenam. Pada awal bulan, galaksi Andromeda akan terbenam pada pukul 00.20 WIB dan pada akhir bulan pada pukul 23.40 WIB. untuk mengetahui letaknya Galaksi Andromeda terletak di rasi bintang Andromeda dan dapat kita saksikan menggunakan binokuler dan teleskop.

Galaksi Awan Magellan Kecil
Galaksi Awan Magellan Kecil atau Small Magellanic Clound(SMC) disepanjang bulan Desember juga akan tampak di belahan langit selatan sejak Matahari terbenam. Awan Magellan Kecil di awal bulan Desember akan terbenam pada pukul 02.40 WIB dan pada akhir bulan Desember akan terbenam pukul 02.10 WIB. Awan Magellan Kecil tampak seperti kabut tipis yang berjalan bersama bintang-bintang berjalan-jalan nyantai gitu ceritanya.

Galaksi Awan Magellan Besar
Galaksi Awan Magellan Besar atau Large Magellanic Cloud(LMC) disepanjang bulan Desember akan tampak dibelahan langit selatan dari Matahari tenggelam hingga Matahari terbit. Awan Magellan Besar akan tampak seperti gumpalan kabut yang bergerak bersama bintang-bintang.

Hujan Meteor Geminids 
Nah ini dia suatu peristiwa yang paling ane tunggu-tunggu dan demen, yaitu Peristiwa hujan meteor Geminids akan mencapai puncak aktifitas hujan meteor pada tanggal 14 Desember 2015. Hujan meteor Geminids tergolong kedalam hujan meteor mayor dimana intensitas meteor yang tampak dilangit cukup banyak mbloo keren banget pokoknya. Intensitas hujan meteor Geminids mencapai sebanyak 120 meteor/jam gile bangett. Hujan meteor Geminids memiliki radiant rasi bintang Gemini yang terbit di langit timur pada pukul 21.00 WIB. Melihat kondisi Bulan yang sedang berada pada fase Bulan Baru maka dalam satu malam dapat diprediksikan langit akan sangat gelap dan meteor-meteor redup dari hujan meteor Geminids dapat teramati dengan baik. bagi kamu yang akan melakukan pengamatan hujan meteor Geminids, lakukan pengamatan pada pukul 20.00 WIB pada tanggal 13 Desember 2015 hingga menjelang Matahari terbit pada 14 Desember 2015. Sangat disarankan untuk mengamati hujan meteor Geminids karena potensi untuk terlihatnya meteor sangat besar.

namun yang bikin ane galau, ini kan musim penghujan tiap malem daerah ane selalu mendung gelap.. haduhh bisa galau berdisko kalo kayak ginihh. hmmm

nih tambahan sedikit ajah
Winter Solstice
Winter Solstice merupakan peristiwa dimana Matahari dalam melakukan “perjalanan semunya” telah mencapai pada titik paling jauh di belahan langit selatan. Peristiwa Winter solstice akan terjadi pada tanggal 22 Desember 2015 pukul 11:49:00 WIB.

Bantu Mbloogers Membagikan Artikel Ini Yaa

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - 2017 Mbloogers.com - Untuk Generasi Muda Indonesia. Designed by OddThemes | About | Contact and Advertising | Privacy Policy | Sitemap | DMCA.com Protection Status | ID Corners